Di GunungKidul Bermunculan Lubang Raksasa Yang Meresahkan Warga

Di Gunungkidul muncul beberapa lubang yang semakin besar dan itu membuat warga setempat menjadi resah. badan geologi memberkan beberapa saran terkait akan hal itu. “masyarakat setempat harusnya sudah tahu bahwa karakteristik kawasan karst, jadi lebih berhati hati, lubang bisa menjadi luas tanpa disadari karena rongga dibawahnya kita tidak tahu seberapa luas,” ujar Dosen Teknik Geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Arif Rianto Budi Nugroho, Rabu (7/2/2018).

Ukuran lubang yang terdapat Digunung Kidul dapat berpotensi menjadi lebih besar pada musim hujan. untuk itu sangat di butuhkan pemetaan jelas lokasi-lokasi dimana saja yang memiliki rongga dibawahnya. “sebenarnya bisa dipetakanm tapi butuh tim ahli dan alat alat yang memadai. pemerintah setempat bisa berkomunikasi dengan pemerintah pusat untuk meminta bantuan penelitian di lapangan, bisa juga mencari akademis atau lembaga lain yang fokus pada wilayah karst,” ujar Dosen ujar Dosen Teknik Geologi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta, Arif Rianto Budi Nugroho.

Dosen Arif menjelaskan bahwa fenomena alam ini merupakan hal yang wajar terjadi di kawasan karst. di bawah tanah kemungkinan ada gua ataupun rongga, dan di atasnya ada rekahan. rekahan itu menjadi pintu masuk air dan terjadi pelapukan kimiawi batu gamping. lalu tanahnya ambles dan jadi menjadi berlubang, ini butuh proses yang sangat lama puluhan hingga ratusan tahun. amblesnya tanah juga di sebabkan bebab berat di atas permukaan tanah, apalagi saat musim penghujan. karena kelapukan batu gamping butuh bantuan air.

Dosen Arif menjelaskan fenomena ini tak hanya bisa terjadi di Gunungkidul, namun bisa saja terjadi dikawasan perbukitan karst lainnya. jika di luar negeri fenomena ini di sebut SINKHOLE, pernah suatu kasus ladang tiba tiba juga ambles dan berlubang, jalan raya tiba tiba ambles seperti yang terjadi di china, itu karena di bawahnya ada semacam rongga yang cukup besar dan karena beban berat di atasnya.

Facebook Comments