Jokowi Minta DPR Jangan Terlalu Banyak Buat Undang Undang

Bapak Presiden RI Joko Widodo merasa resah karena banyaknya aturan dan perizinan yang menghambat pembangunan. Contohnya ialah undang undang yang terlalu banyak.

Dia mengatakan sekarang ini Indonesia sudab memiliki sekitar 42 ribu aturan yang perlu di rampingkan itu mencakup undang-undang, peraturan daeerah, Peraturan pemerintah, peraturan menteri dan aturan lainnya.

”Menurut saya akan sangat menyulitkan dan akan menghambat kita sendiri, kecepatan kita bertindak jadi terhambat karena aturan ini. Dan kita akan hapus atau kurangi sebanyak banyaknya,” tutur jokowi saat Dialog Publik Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia.

Jokowi mencotohkan di kemendagri ada 3.000 perizinan yang tidak perlu dan menghambat pembangunan. Dia ingin aturan yang tidak perlu langsung dibuang tanpa harus dilakukan pengkajian.

“Saya sudah perintah Mendagri yang 3000 ini tahun ini untuk di hilangkan semuanya, nggak usah dikaji. Apa sih yang 3000 itu, perda distribusi, perda perizinan, yang aneh-aneh. Semakin saya baca semakin aneh. Sudah lah tak usah dikaji, hapus saja,” tuturnya.

Jokowi juga menyindir Dewan Perwakilan Rakyat yang meluncurkan undang-undang baru. Jokowi juga meminta agar DPR tidak terlalu banyak meluncurkan Undang Undang baru.

Facebook Comments