Kesehatan – Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda

Kesehatan – Otak Anda melakukan prestasi teknik yang rumit untuk memungkinkan Anda menyeimbangkan sepeda. Untuk berterima kasih, kenakan helm Anda, dan pastikan anak-anak Anda memakainya.

Kesehatan – Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda

Anda mungkin ingat sebelum dan sesudah belajar mengendarai sepeda – dan mungkin sukacita membantu anak-anak Anda belajar caranya. Berkuda bersama adalah kegiatan keluarga yang luar biasa – olahraga yang baik, waktu di luar ruangan, dan bahkan membuat Anda mendapatkan tempat. Tetapi keselamatan adalah bagian penting dari apa yang seharusnya diajarkan oleh orang tua.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengamati cedera terkait sepeda pada anak-anak yang dirawat di departemen gawat darurat di Amerika Serikat selama periode 10 tahun dari awal 2006 hingga akhir 2017. Selama waktu itu, ada lebih dari dua juta cedera pada anak-anak. dari 5 hingga 17, yang dihitung oleh para peneliti berarti lebih dari 600 sehari, atau 25 jam per jam.

“Itu sangat banyak,” kata Lara McKenzie, peneliti utama di Pusat Penelitian dan Kebijakan Cedera di Rumah Sakit Anak-Anak Nasional. Mengingat usia kelompok yang paling terluka, 10 hingga 14, dia berkata, “Saya merasa ini adalah kelompok di mana orang tua mungkin melihat anak itu sebagai pengendara yang berpengalaman, tetapi mungkin mereka mengendarai di tempat yang seharusnya tidak mereka naiki. ”Penelitian ini tidak memasukkan korban jiwa, karena hanya melihat pada anak-anak di ruang gawat darurat dan mengecualikan 12 orang yang benar-benar meninggal di sana.

Kesehatan – Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda

Dari cedera, 36 persen berada di ekstremitas atas, 25 persen ke ekstremitas bawah, 15 persen ke wajah, dan 15 persen ke kepala dan leher. Banyak yang terkait dengan jatuh dari sepeda, atau menabrak sesuatu, Dr. McKenzie berkata, dan ketika mobil terlibat, apakah stasioner atau bergerak, risiko cedera otak traumatis (11 persen) dan rawat inap (4 persen) meningkat.

Jadi keamanan pertama dan terpenting: memakai helm. Dalam studi baru, “penggunaan helm pada saat cedera dikaitkan dengan risiko cedera kepala dan leher yang lebih rendah, dan rawat inap – itu adalah pelindung, kami tahu,” kata Dr. McKenzie.
[Baca lebih lanjut tentang pentingnya helm sepeda | Baca ulasan Wircaster tentang perlengkapan bersepeda.]

Dan itu bukan hanya tentang membuat anak-anak Anda memakai helm; ketika orang tua memakai helm, mereka tidak hanya melindungi diri mereka sendiri, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa ketika orang tua memodelkan perilaku yang aman, kemungkinan besar anak-anak akan meletakkan helm itu pada diri mereka sendiri. Pastikan anak mengendarai sepeda dengan ukuran yang tepat, dan pastikan helmnya pas dengan benar.

Kesehatan – Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda

Memodelkan perilaku yang baik adalah kunci, kata Dr. Frederick P. Rivara, profesor pediatri di University of Washington; orang tua mengajari anak-anak mereka cara menyeberang jalan dengan aman, katanya, dan mereka dapat mengajari mereka cara berkendara dengan aman juga, berkendara dengan arah lalu lintas, tetap sejauh mungkin ke kanan, mematuhi sinyal lalu lintas, dan berhenti untuk lampu merah dan hentikan tanda-tanda.

Aturan keselamatan lain terus mengulangi: “Satu sepeda, satu pengendara,” kata Dr. McKenzie. Anak-anak di bawah 10 harus naik di trotoar, katanya. Pakai warna-warna cerah, pakai reflektor. Anak-anak berusia di bawah satu tahun tidak boleh menjadi penumpang dengan jenis sepeda apa pun, katanya, bahkan di gendongan atau trailer, karena otot mereka terlalu lemah untuk mengontrol kepala ketika sepeda berhenti, dan helm, dalam hal ini, membuat kepala mereka bahkan lebih berat.

Tetapi ketika anak-anak itu tumbuh dan belajar naik, mereka menguasai proses yang sangat rumit. Mont Hubbard dan Ron Hess, masing-masing sekarang seorang profesor emeritus teknik mekanik dan aerospace di University of California, Davis, bekerja pada proyek pemodelan sistem pengendara sepeda dan manusia dari sudut pandang teknik mesin.

Kesehatan – Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda

“Semua orang tahu bagaimana mengendarai sepeda, tetapi tidak ada yang tahu bagaimana kita mengendarai sepeda,” kata Profesor Hubbard. “Kami pikir cara kami membayangkan proses manusia adalah cara untuk memahami paruh kedua.”

Ini adalah sistem yang melibatkan manusia dan mesin, dan, katanya, “manusia menerima informasi sensoris dan ada sistem kontrol di otak yang menciptakan kekuatan korektif yang tepat yang perlu diterapkan pada stang untuk mendapatkan sepeda ke berdiri.”

Tetapi memproses informasi itu tidak sederhana, dengan cara apa pun. Dr Hess mengatakan itu ternyata lebih rumit daripada pemodelan pilot dan pesawat terbang.

Untuk membuat penyesuaian dan menjaga agar sepeda tetap tegak dan bergerak maju, otak manusia harus menerima informasi sensoris tentang posisi dan gerakan tubuh di ruang angkasa dan tekanan yang diterapkan pada setang, informasi visual, dan informasi vestibular tentang keseimbangan dan laju penggulungan. sepeda. “Ketiganya harus digunakan dengan sukses untuk mengendarai sepeda,” kata Dr. Hess, dengan informasi yang datang dari berbagai reseptor indera, di mata, di otot, di telinga bagian dalam.

Kesehatan – Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda

“Jika pengendara tidak melakukan hal yang benar, jika tindakannya tidak cukup untuk menstabilkan sepeda, maka sepeda akan jatuh,” kata Dr. Hubbard. Dalam bidang teknik, katanya, ini disebut hukum kontrol: “Undang-undang pengendalian mengatakan, jika saya jatuh ke kanan, apa yang harus saya lakukan, saya memutar roda ke kanan,” dalam proses penyesuaian yang halus dan konstan keseimbangan untuk menjaga agar sepeda tetap tegak dan bergerak maju. Pengendara mungkin tidak memahami persamaan diferensial dalam model, katanya, tetapi otak sedang membuat perhitungan ini.

Dalam model mereka, “manusia mengambil aliran informasi dan menciptakan dari berbagai aliran sinyal kontrol yang merupakan kekuatan untuk mendorong pegangan bar,” kata Dr. Hubbard. Mereka mampu membangun sepeda yang bisa benar sendiri, menggunakan persamaan ini untuk melakukan penyesuaian, dengan mempertimbangkan variabel penting seperti sudut kemiringan sepeda. Model tersebut memprediksi, misalnya, bahwa sebelum membuat giliran ke satu sisi, pertama-tama akan ada giliran kemudi yang lebih kecil ke sisi yang lain, dan Dr. Hess mengatakan bahwa dia telah menemukan hal yang memuaskan untuk melihat bahwa hal itu terjadi dengan mengamati pengendara yang terampil.

Kesehatan – Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda

Mengendarai sepeda, betapapun kompleksnya, sering digunakan sebagai singkatan untuk sesuatu yang pernah dipelajari, tidak pernah dilupakan. Dr. Hubbard membandingkannya dengan seorang anak kecil yang belajar berdiri, melatih kontrol otot yang terlibat dalam keseimbangan, mendorong dengan jari-jari kaki dan menyesuaikan diri agar tidak terjatuh.

Larry Squire, yang terkenal sebagai profesor psikiatri, neurosains dan psikologi di University of California, San Diego, menggambarkan pembelajaran semacam ini sebagai “pembelajaran kebiasaan atau pembelajaran keterampilan,” yang secara neurologis berbeda dari apa yang disebut “pembelajaran deklaratif”, yang adalah, mempelajari fakta dan kejadian.

Belajar dan mengingat fakta dan peristiwa berpusat di hippocampus dan struktur yang berdekatan di lobus temporal medial otak, tetapi kebiasaan belajar dan keterampilan motorik seperti mengendarai sepeda melibatkan bagian otak yang berbeda, ganglia basal. Pembelajaran semacam ini adalah proses yang lebih tidak disadari, kata Dr. Squire, bahwa Anda tidak dapat selalu menggambarkan apa yang Anda ketahui, tetapi itu menciptakan semacam memori yang memang bertahan untuk waktu yang lama.

Kesehatan – Menjaga Kesehatan Dengan Bersepeda

Jadi kembali ke tempat aman: Pergilah ke sana dan naiki sepeda-sepeda itu, tetapi naiki mereka dengan aman, di jalur yang aman, dengan peralatan yang tepat. Berkendara bersama anak-anak Anda, dan buat kenangan. “Kami ingin anak-anak naik, keluarga untuk bersepeda, kami ingin mereka memakai helm, setiap waktu, orang tua juga, bahkan jika mereka tidak dewasa ketika tumbuh,” kata Dr. McKenzie.
Berkendara bersama anak-anak Anda, dan ajari mereka dengan teladan, bukan hanya cara naik tapi juga cara naik dengan aman. Di atas segalanya, lindungi otak-otak itu, yang dapat melakukan hal-hal menakjubkan semacam itu.

Facebook Comments