Lagi-Lagi Mobil Ferrari Jadi yang Termahal di Bumi, Berapa Harganya?

Pabrikan raksasa asal Italia, Ferrari kembali membuat heboh dunia otomotif. Pasalnya, salah satu produk mereka kembali menyabet gelar sebagai mobil termahal di dunia dengan harga nyaris dua kali lipat dari rekor sebelumnya.

Dilansir dari Top Gear, mobil itu ialah sportcar lawas namun legendaris dan kerap disebut sebagai cawan suci, Ferrari 250 GTO keluaran 1963. Harga jualnya terbilang fantastis, mencapai £52 juta atau sekitar Rp972 miliaran.

Salah satu yang menyebabkan harganya melambung tinggi adalah pendeknya waktu produksi. Ferrari 250 GTO merupakan mobil balap street-legal yang hanya diproduksi sebanyak 39 unit antara tahun 1962 hingga 1964. Dengan dapur pacu V12 bertenaga 300 hp, kecepatan maksimal diklaim mencapai 174 mpj atau sekitar 280 kpj.

Ferrari 250 GTO yang baru laku ini pun kaya sejarah. Sebelumnya, produk pabrikan berlogo kuda jingkrak tersebut pernah berlaga dalam ajang balap ketahanan Le Mans dan finish di peringkat empat. Selain itu, mobil tersebut juga pernah beradu cepat di Eropa dan Afrika serta menjuarai reli Tour de France.

Menurut sumber yang sama, rekor sebelumnya juga dipegang oleh model yang sama, Ferrari 250 GTO, namun unit berbeda dengan harga £31 jutaan atau sekitar Rp763 miliaran. Kini, Ferrari 250 GTO yang melegenda itu menjadi milik CEO WeaterTech, David MacNeil, yang salah satu produknya ialah karpet mobil waterproof.

Facebook Comments