Selamatkan Warga yang Terseret Arus Wadi, 12 TNI Ini Dapat Penghargaan

Arus Wadi

BERITA TERKINI – Berbuat kebaikan bisa di mana saja dan kapan saja dan tak perlu memandang warna kulit hingga suku. Salah satunya adalah aksi Satgas Batalyon Komposit TNI Konga XXXV-C/Unamid atau Indobatt-03 yang menyelamatkan warga yang hanyut terseret arus Wadi. Seperti apa ceritanya?

Peristiwa ini bermula pada hari Senin (28/8) saat LT Tim Charlie 3 Dpp Letnan Satu Inf Pusdika berangkat dari Indobatt Camp untuk melaksanakan Patroli LRP Milobs dengan tujuan Desa Kamkama dan Desa Murayat. Sekitar pukul 14.00 LT kendaraan APC dan kendaraan yang ikut patroli beserta kendaraan Milobs mengalami stuck atau tertanam di daerah Desa Murayat.

“Setelah diadakan pemulihan namun tidak bertahan lama sekitar 500 meter berjalan mengalami stuck lagi dikarenakan cuaca hujan. Sampai akhirnya patroli harus bermalam di luar,” ujar Kapen Kostrad, Letkol Inf Putra Widyawinaya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/9/2017).

Image result for Arus Wadi
Sehari berselang, mobil masih mengalami perbaikan dan akhirnya bisa melanjutkan perjalanan ke Super Camp. Namun, di tengah-tengah, perjalanan kembali tak bisa dilanjutkan karena terhalang Wadi basah yang arusnya cukup deras dan mobil tertahan di pinggiran sungai.

Nah, dari arah yang sama datang dua mobil LC masyarakat dengan muatan barang yang akan melewati Wadi tersebut, tetapi hanya satu mobil LC yang berhasil lewat, sedangkan mobil LC yang kedua tidak bisa lewat.

Melihat kejadian itu, personel yang dipimpin Serka Adi Ruli dan 11 orang lainnya membantu menyelamatkan anak-anak dan ibunya yang terseret barang-barang yang berada di atas mobil. Usaha mereka berhasil. Setelah itu, tim kembali menuju Indobatt Unamid 03 di El Geneina Supercamp.

Tak disangka, mereka mendapatkan piagam penghargaan atas inisiatif yang dilakukannya. Piagam langsung diberikan dari Commander Sector West Unamid Brigjen Asrat Denero Amad dari Ethiopia atas usaha penyelamatan masyarakat yang hanyut terseret arus Wadi.

Facebook Comments