Trofi Copa America 2019 Milik Tuan Rumah Brazil atau Sang Kuda Hitam Peru?

TebakQQ – Peru sukses membuat kejutan dengan ribuan prediksi. Di semifinal Copa America 2019, Kamis (4/7) pagi WIB, dengan perkasa mereka menghancurkan Chile 3-0 di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brasil. Edison Flores dan Victor Yotun membuat dua gol untuk Peru di babak pertama. Sementara di ujung pertandingan, Paolo Guerrero jadi pembungkus kemenangan bersejarah tim berjulukan La Blanquirroja alias The White and Red itu dengan 1 golnya.

Padahal, awalnya, begitu banyak pecinta bersuara seragam menjagokan Chile. Ini tentu tak lepas dari materi pemain milik tim asuhan Reinaldo Rueda, yang jauh lebih baik lantaran rata-rata merumput di liga-liga besar. Selain itu, langkah Peru sebelum ke semifinal juga kurang dari sempurna. Di fase grup Copa America 2019, Peru hanya menang sekali, kebobolan enam gol dan hanya mencetak tiga gol.

Mereka lolos ke perempat final pun dengan status peringkat ketiga terbaik. Di babak perempat final, Peru menang dramatis atas Uruguay juga melaui adu tendangan penalti. Dalam waktu 2 x 45 menit, plus babak extra time, kedua tim bermain hanya imbang 0-0.

Butuh 44 Tahun
Peru memang layak untuk terus antusias, optimistis, meski lawan mereka di final nanti adalah tuan rumah, yang sudah terbukti mampu menghancurkan mereka. Pasalnya, ini pertama kalinya sejak 1975, Peru berhasil kembali bisa merasakan atmosfer laga puncak ajang sepak bola paling akbar seantero Amerika Latin ini. Artinya, Peru butuh 44 tahun kembali ke orbit paling elite sepak bola Amerika Latin.

Dulu, sekitar 40 tahun lalu, Peru memang sempat punya nama besar di Amerika Latin. Setidaknya, dua kali mereka jadi juara di ajang yang dulunya bernama South American Championship, pada 1939 dan 1975. Tapi, setelah itu, sepakbola Peru mengalami kemunduran dan mulai menghilang dari publik. Mereka baru kembali bangkit di pertengahan era 2000-an. Itu pun mereka tak sampai jadi juara Copa America.

Kini, Peru hadir dengan segala kejutannya mengancam tuan rumah Brasil di laga final yang akan digelar di Stadion Maracana, Minggu (7/7/2019) atau Senin dini hari WIB mendatang. Boleh jadi, di laga nanti, Peru memang hanya akan disematkan predikat underdog atau kuda hitam, namun tetap saja Brasil tetap harus waspada.

Tuan rumah Brasil jauh lebih unggul dengan mencetak 31 kemenangan. Sementara Peru hanya empat kali mampu mengalahkan Brasil. Sisanya, laga berakhir imbang. Begitu juga saat duel mereka di totalkan hanya di ajang Copa America. Brasil masih jauh lebih superior dengan 12 kemenangan dari 18 pertemuan.

Ambisi Brasil
Tuan rumah Brasil sendiri memang sangat berambisi menjadi juara ajang Copa America kali ini. Bukan hanya lantaran mereka berlaku sebagai tuan rumah. Melainkan juga lantaran Tim Samba sudah lama sekali tak mengecap nikmatnya mencium trofi.

Terakhir, Brasil memenangkan gelar bergengsi pada tahun 2013, di ajang Piala Konfederasi, yang digelar di tanah mereka. Di Copa America sendiri, meski delapan kali bergelar juara, tuan rumah Brasil terakhir jadi kampiun pada 2007, sudah lama sekali.

Jadi, siapa yang bakal jadi pemilik Trofi Copa America 2019? Sang Tuan Rumah Brasil atau Peru, si Kuda Hitam?

Facebook Comments