Vagina Punya Bau Tak Sedap? Mungkin Bisa Saja Ini Penyebabnya

Faktanya, vagina akan selalu mengeluarkan bau yang kurang sedap pada waktu tertentu. Memang hal ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari dan merupakan hal yang normal. Mengingat vagina juga menjaga kadar pH agar senantiasa lembap dan jarang terkena udara sehingga bisa menyebabkan bau tak sedap.

Namun, perlu kamu perhatikan juga apakah saat vagina punya bau tak sedap apakah ada hal lain yang mengganggumu juga? Seperti kamu merasa gatal dan sebagainya. Maka dari itu kamu perlu tahu 5 penyebab vagina punya bau tak sedap berikut ini.

1. Terserang infeksi

Menurut Dr. Landry, seorang ob-gyn di Los Angeles mengatakan bahwa bisa saja vagina mengalami masalah infeksi bakteri atau vaginosis. Biasanya kondisi ini ditandai dengan keputihan, dengan atau tanpa iritasi vagina. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan vagina dan adanya bakteri jahat. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan salep atau minum antibiotik sesuai rekomendasi dokter.

2. Kamu mungkin memiliki penyakit menular seksual atau STD

Penyakit menular seperti gonore, trikomoniasis, dan klamidia bisa membuatnya vagina bau dan keputihan yang berubah warna. Namun tak perlu khawatir, kamu bia mengatasi hal ini dengan mendatangi dokter.

3. Kamu menggunakan tampon dalam waktu lama

Jika kamu sering memakai tampon dan lupa menggantinya dengan cukup lama, maka bau sedap bisa saja muncul dari vagina. Pastikan kamu tidak terserang toxic shock syndrome (TSS). TSS ditandai dengan adanya demam, muncul ruam, dan kemerahan di sekitar mata dan mulut.

4. Kamu orang yang mudah berkeringat

Pastinya jika kamu orang yang mudah berkeringat keringat akan bisa terkumpul di area vagina. Maka dari itu memunculkan bau tak sedap dan aroma musky. Sebaiknya selalu gunakan air hangat saat bagian luar vagina dan gunakan dalaman yang terbuat dari katun.

5. Kamu pakai kondom atau pelumas yang salah

Jika kamu memakai kondom dan tidak merasa cocok serta menimbulkan bau. Maka kamu harus mencoba kondom yang berbeda saat berhubungan seks dengan pasangan sampai menemukan yang cocok dan tidak menimbulkan bau. Jika sudah berbagai cara, maka kamu memang harus ke dokter.

Itu dia yang bisa kamu lakukan jika vagina mulai punya bau tak sedap. Ada baiknya melakukan pencegahan sedini mungkin agar tidak terjadi masalah lainnya. Semoga bermanfaat.

Facebook Comments